Langsung ke konten utama

CATUR ONLINE



Perkembangan olahraga catur di abad millenium ini semakin diramaikan oleh teknologi komputer dan internet. Dengan terhubung melalui jaringan online, penghobi catur dapat berlatih dengan orang lain di belahan dunia manapun tanpa harus bertemu dalam satu ruang. Fasilitas ini didukung dengan semakin cepatnya data internet diterima dan ditransfer sehingga catur cepat dan catur kilat semakin digemari di dunia catur online. Namun belakangan ini penulis menyadari bahwa catur kilat (kurang dari 5 menit) tidak begitu baik bagi yang ingin meningkatkan kualitas permainan caturnya.
Berikut adalah salah satu partai yang penulis mainkan di catur onlie. Data permainan sebagai berikut:

-          Website : www.chess.com
-          Waktu permainan: (Rapid) 15 menit tambahan 10 detik/langkah
-          Pemain putih : f1rh4n/penulis
-          Pemain hitam : TAL7454 (negara turki)


putih firhan hitam tal7454 turki


Langkah ke -
Putih
Hitam
1
e4
d6
2
d4
Kf6
3
Gd3
e5
4
dxe5
dxe5
5
Kf3
Gd6
6
Gg5
0 – 0
7
Kbd2
h6
8
Gh4
Be8
9
0 – 0
c6
10
Kc4
Gc7


Posisi setelah langkah ke-10 : putih unggul perkembangan

Langkah ke -
Putih
Hitam
11
Me2
Me7
12
Ke3
a5
13
Bfd1
Ka6
14
c3
Kc5
15
Gc2
a4


Posisi setelah langkah ke-15 : hitam memprovokasi di sayap menteri

Langkah ke -
Putih
Hitam
16
Kf1
b5
17
b4
Ke6
18
Bd2
Kf4
19
Me3
g5
20
Gg3
Kg4
Posisi setelah langkah ke-20 : kuda hitam menyerang tanpa rencana yang jelas



Langkah ke -
Putih
Hitam
21
Me1
Kg6
22
Bad1
Ge6
23
h3
Kf6
24
Gb1
Kh5
25
Gh2
Khf4



Posisi setelah langkah ke-25 : kuda hitam hanya bermanuver tanpa tujuan

Langkah ke -
Putih
Hitam
26
Kg3
Mf6
27
Kf5
Rh7
28
Me3
Ke7
29
Kd6
Bg8
30
Rh1
Bab8


Posisi setelah langkah ke-30 : hitam akan mendorong gajah mengancam menteri

Langkah ke -
Putih
Hitam
31
Mc5
Bb6
32
Mxe5
Mxe5
33
Kxe5
Keg6
34
Kxg6
fxg6
35
e5
Gd5
Posisi setelah langkah ke-35 : hitam mencoba menciptakan langkah kombinasi namun terlambat

Langkah ke -
Putih
Hitam
36
f3
Kxh3
37
Bxd5
Kf2+
38
Rg1
Kxd1
39
Bxd1
Bf8
40
e6
Gd8
Posisi setelah langkah ke-40 : putih unggul 1 pion bebas

Langkah ke -
Putih
Hitam
41
Kf7
Ge7
42
Bd7
Be8
43
Ke5
1-0


Posisi setelah langkah ke-43 : hitam menyerah, bidak g6 tidak dapat dipertahankan lagi

GENS UNA SUMUS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat datang di klub catur Benteng Paser. Nantikan pembahasan menarik tentang catur sebagai permainan adu taktik dan strategi dari klub kami Benteng Catur chess club, Klub caturnya orang Paser. Gens Una Sumus

POLA-POLA TAKTIK (BAGIAN 2 - SKAK MAT)

Tanpa berbasa-basi kali ini kita akan lanjutkan pembahasan pola taktik khususnya tentang pola mematikan raja lawan dalam beberapa langkah. Dengan mengenal formasi ini maka akan memudahkan kita untuk mendapatkan langkah dengan cepat untuk mengakhiri permainan catur dan mendapat kemenangan. 1.   Skak Mat Anastasia  Teori : Raja terpojok di sudut dan tidak mempunyai petak untuk lari, sehingga ketika ada kesempatan dapat diskak dengan menteri atau benteng dengan terlebih dahulu membuka jalur skak Contoh : 1 ... Mxh2 2. Rxh2 Bh6# 2.   Skak Mat Arabia    Teori : Raja terkurung oleh kuda dan dapat diskak mat oleh benteng  Contoh :  1. Bb6+ Ra7  2. Kc6+ Ra8  3. Bb8# 3.   Skak Mat Baris Belakang Teori : Mirip dengan anastasia hanya saja Raja dalam posisi terbuka tak terjaga oleh benteng di baris belakang dan terhalang di belakang barisan bidaknya sendiri sehingga dapat diskak mat oleh benteng atau menteri lawan...

POLA-POLA TAKTIK: OVERLOADING DAN PIN

Setelah vakum beberapa lama karena kesibukan pekerjaan, kali ini kita akan membahas 2 pola taktik, yaitu Overloading dan Pin. Arti Notasi : R=Raja; M=Menteri; B=Benteng; G=Gajah; K=Kuda; +=skak; ++=dobel skak; x=makan; #=mat 1. Kelebihan Beban (Overloading) Overloading terjadi ketika satu perwira yang bertahan diperlukan untuk melindungi lebih dari satu perwira lain atau petak lain pada satu waktu, tetapi hanya dapat melakukan salah satu tugas pertahanan secara memadai. Taktik kelebihan beban biasanya mencakup taktik pengalih perhatian, tetapi bisa juga dipakai sebagai motif independen. Contoh 1: 1. B6c3 a2!  (Benteng c2 putih dalam posisi overload, hitam dapat benteng dengan korban pion atau korban benteng dapat menteri promosi) Contoh 2: 1. Kc2 Bxc2; 2. Mxc2 Mxe1# (gerakan kuda menambah beban Menteri putih) Contoh 3: 1. ....Ma7; 2. Bxf8! (hitam blunder, gerakan Menteri hitam membuat bentengnya overload) 2. Pin (Pakuan) Pin terjadi ketika buah yang diserang tidak dapat bergerak k...