Langsung ke konten utama

POLA-POLA TAKTIK (Bagian 1)

Dalam permainan catur terdapat sekitar 60 pola taktik dasar yang wajib dikuasai untuk menjadi seorang pemain catur yang handal. Kolaborasi dari beberapa pola taktik disebut kombinasi. Tanpa bermaksud menggurui karena penulis juga sambil belajar, pada tulisan kali ini kita akan membahas satu persatu pola taktik tersebut disertai contoh dalam diagram papan catur.

Arti Notasi: R=Raja; M=Menteri; B=Benteng; G=Gajah; K=Kuda; +=skak; ++=dobel skak; x=makan; #=mat

1. Pion Maju
    Sebuah bidak atau pion yang berdiri bebas tanpa halangan dari lawan biasanya dapat menjadi sumber ide taktis untuk meraih keuntungan material dan kemenangan. Blokade dari buah lawan yang  dilakukan untuk mencegah promosi bidak, akan memaksa lawan mengorbankan bijinya sehingga menderita kerugian materiil bahkan posisionil. Dalam situasi tertentu terkadang tidak terlihat adanya bidak bebas, namun dengan perhitungan langkah dan posisi ternyata bidak tersebut dapat melakukan promosi lebih dulu daripada lawan.
Langkah selanjutnya: 1. ...  a4  2. bxa4  Bxc4

2. Atraksi
    Ini merupakan salah satu pola taktik yang banyak dilakukan oleh pemain catur. Peluang untuk melakukan taktik seperti ini biasanya terjadi karena kesalahan fatal dari pemain lawan sehingga hanya dengan mengorbankan satu atau lebih buah catur sendiri maka lawan dapat dikalahkan.
Langkah selanjutnya: 1. ...  Bxg2+  2. Rxg2 Mh2# 

3. Menghindari Perpetual
Perpetual adalah pengulangan posisi yang sama sebanyak 3 kali sehingga menyebabkan draw. Lawan yang berada dalam posisi kalah biasanya akan memaksa lawan untuk membuat 3 kali posisi yang sama. sebelum rencana itu terwujud, diperlukan langkah taktis untuk menghindarinya. Salah satu cara menghindari perpetual seperti contoh berikut.
Langkah selanjutnya: 1. Md5+  Rh8  2. hxg4 Mxg4+  3. Mg2

4. Menghindari Stalemate / Pat
Pat atau stalemate adalah suatu keadaan di mana pemain yang mendapat giliran melangkah tidak memiliki langkah sah lagi sehingga permainan dinyatakan draw. Jika menemukan kondisi seperti ini dan menyadari akan ada jebakan stalemate maka kita harus menghindarinya dengan cara membuka posisi sehingga lawan memiliki langkah yang sah tanpa membahayakan posisi buah sendiri sehingga draw tidak terjadi.
Langkah selanjutnya: 1. ...  g2+  2. Re1 g1=B#

5. Bloking
Ini adalah taktik untuk menutup jalan dari target serangan sehingga lawan tidak dapat terhindar dari kekalahan material bahkan kematian raja.
Langkah selanjutnya: 1. ...  f3+  2. exf3 Mh2#

6. Menghilangkan Penjaga
Dengan menghilangkan atau memakan biji lawan yang mempertahan buah atau petak tertentu, maka akan terbuka jalan untuk mendapatkan keuntungan material, posisi, bahkan skakmat raja lawan, seperti contoh di bawah ini.
Langkah selanjutnya: 1. ...  Bxc4+  2. Bxc4 Kb5#

7. Membersihkan/Membuka Halangan
Taktik ini bertujuan untuk memberi jalan bagi buah yang berada di belakang untuk dapat menyerang dengan cara membuka petak tertentu sehingga buah yang sebelumnya terhalang dapat menguasai petak di wilayah lawan.
Langkah selanjutnya: 1. Mh8+  Gxh8  2. Kh7#

8. Kursion
Bentuk taktik ini bisa didefinisikan sebagai langkah yang memaksa atau menggiring lawan membuat langkah yang melemahkan posisinya sehingga mudah diserang.
Langkah selanjutnya: 1. ...  Bc1+  2. Rg2 Kh4+

9. Perhitungan
Pada dasarnya semua taktik atau kombinasinya berawal dari perhitungan langkah, material, dan posisi. Tapi yang dimaksud dengan perhitungan di sini adalah menghitung kekuatan penguasaan terhadap petak yang diserang.
Langkah selanjutnya: 1. ...  fxe4  2. fxe4 dxe4  3. dxe4  Mxd1+  4. Rxd1 Kxe4

10. Desperado
Situasi di mana terjadi saling mengancam antar kedua belah pihak namun dengan menggunakan taktik desperado ini salah satu pihak bisa mendapatkan keuntungan material atau posisi.
Langkah selanjutnya: 1. Mxe7+  Rxe7  2. dxc6

11. Pertahanan
Pertahanan yang kuat bisa diwujudkan dengan taktik ketika serangan lawan tidak dapat dibalas dengan serangan juga. Sangat penting untuk mempertahankan material ketika tidak ada kompensasi yang didapat dari serangan balasan.
Langkah selanjutnya: 1. bxc4  Ma5  2. Md1

12. Serangan Terselubung
Sebuah langkah menyerang yang membuka serangan ke arah petak lain, biasanya buah yang dilangkahkan sengaja dikorbankan untuk mendapatkan keuntungan.
Langkah selanjutnya: 1. c5+  Rxc5  2. Gxe2

13. Distraksi / Defleksi
Sebuah langkah paksaan yang membuat lawan terpaksa melangkahkan buahnya yang sebelumnya menjaga petak atau buah penting, sehingga petak yang tidak terjaga tersebut dapat diserang.
Langkah selanjutnya: 1. ...  Bd4+  2. Mxd4  Mf1#

14. Dobel Skak
Dobel skak berarti dalam sekali melangkah raja diskak dua kali, tidak ada satu buah lawan pun yang dapat melindungnya sehingga memaksa raja lawan untuk berpindah tempat dan bisa terancam mat.
Langkah selanjutnya: 1. Bg6++  Rh8  2. Bg8#

15. Raja yang Terbuka
Ini sebenarnya bukan sebuah motif taktik, tapi hanya untuk menggambarkan posisi di mana jika raja lawan berada dalam keadaan terbuka maka dapat dilakukan langkah taktis untuk mengancam raja sehingga memaksa lawan untuk bertahan dan membuat kekacauan bahkan kematian rajanya.
Langkah selanjutnya: 1. Mh8+  Rf7  2. Gh5#

16. Garpuan / Dobel Serangan
Dengan memanfaatkan biji-biji lawan yang tidak terjaga maka dapat diserang sekaligus dengan catatan bii-biji tersebut berada dalam jangkauan petak buah yang menyerang.
Langkah selanjutnya: 1. ...  Kf2+  2. Rg1  Kxd1

17. Biji Bebas
Ini juga bukan merupakan taktikal motif, hanya untuk menjelaskan bahwa jika terdapat biji bebas dari lawan yang tidak terjaga maka dapat dimakan untuk mendapatkan keuntungan material.
Langkah selanjutnya: 1. ...  Mxd6

18. Interference
Jika diartikan dalam bahasa kita artinya campur tangan. Dalam kaitannya dengan taktik catur, pola ini digunakan untuk mendapatkan keuntungan material dengan memaksa lawan menutup bantuan penjagaan terhadap bijinya sehingga dapat dimakan gratis.
Langkah selanjutnya: 1. ...  Mc7+  2. Rd4  Mxd8
Sampai di sini dulu. Akan kita sambung pada bagian 2.
Semoga Bermanfaat....

GENS UNA SUMUS

Komentar

  1. Kok hanya 18.... Kirain 60..... Hehehe...... Jika ada yang selanjutnya mohon dipublikasikan dan beritahu saya.... Trimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat datang di klub catur Benteng Paser. Nantikan pembahasan menarik tentang catur sebagai permainan adu taktik dan strategi dari klub kami Benteng Catur chess club, Klub caturnya orang Paser. Gens Una Sumus

POLA-POLA TAKTIK (BAGIAN 2 - SKAK MAT)

Tanpa berbasa-basi kali ini kita akan lanjutkan pembahasan pola taktik khususnya tentang pola mematikan raja lawan dalam beberapa langkah. Dengan mengenal formasi ini maka akan memudahkan kita untuk mendapatkan langkah dengan cepat untuk mengakhiri permainan catur dan mendapat kemenangan. 1.   Skak Mat Anastasia  Teori : Raja terpojok di sudut dan tidak mempunyai petak untuk lari, sehingga ketika ada kesempatan dapat diskak dengan menteri atau benteng dengan terlebih dahulu membuka jalur skak Contoh : 1 ... Mxh2 2. Rxh2 Bh6# 2.   Skak Mat Arabia    Teori : Raja terkurung oleh kuda dan dapat diskak mat oleh benteng  Contoh :  1. Bb6+ Ra7  2. Kc6+ Ra8  3. Bb8# 3.   Skak Mat Baris Belakang Teori : Mirip dengan anastasia hanya saja Raja dalam posisi terbuka tak terjaga oleh benteng di baris belakang dan terhalang di belakang barisan bidaknya sendiri sehingga dapat diskak mat oleh benteng atau menteri lawan  Contoh :  1... Mxc1  2. Gxc1 Be1# 4.   Skak Mat Bales