Langsung ke konten utama

POLA-POLA TAKTIK (BAGIAN 2 - SKAK MAT)

Tanpa berbasa-basi kali ini kita akan lanjutkan pembahasan pola taktik khususnya tentang pola mematikan raja lawan dalam beberapa langkah. Dengan mengenal formasi ini maka akan memudahkan kita untuk mendapatkan langkah dengan cepat untuk mengakhiri permainan catur dan mendapat kemenangan.

1.   Skak Mat Anastasia
 Teori : Raja terpojok di sudut dan tidak mempunyai petak untuk lari, sehingga ketika ada kesempatan dapat diskak dengan menteri atau benteng dengan terlebih dahulu membuka jalur skak
Contoh :
1 ... Mxh2 2. Rxh2 Bh6#

2.   Skak Mat Arabia 
 Teori : Raja terkurung oleh kuda dan dapat diskak mat oleh benteng
 Contoh : 
1. Bb6+ Ra7  2. Kc6+ Ra8  3. Bb8#

3.   Skak Mat Baris Belakang
Teori : Mirip dengan anastasia hanya saja Raja dalam posisi terbuka tak terjaga oleh benteng di baris belakang dan terhalang di belakang barisan bidaknya sendiri sehingga dapat diskak mat oleh benteng atau menteri lawan
 Contoh : 
1... Mxc1  2. Gxc1 Be1#

4.   Skak Mat Balestra 
Teori : Raja dalam posisi terbuka di pinggir, ditutup jalan ke petak warna lain oleh menteri lawan dan dapat diskak mat oleh gajah lain warna lawan
 Contoh :
1. ... Gd3#

5.   Skak Mat Blackburne
Teori : Dihasilkan dari kerjasama 2 kuda dan 2 gajah, pengorbanan salah satunya menghasilkan posisi skak mat.
 Contoh :
1. Kh6+  Kxh6  2. Gxh7#

6.   Skak Mat Boden
Teori : Mirip dengan posisi balestra namun di sini hanya menggunakan dua gajah berlainan warna di mana raja lawan tertutup oleh buahnya sendiri dan diskak mat.
 Contoh :
1. Ga6#

7.   Skak Mat Gajah Damiano
Teori : Menteri dapat melakukan skak mat dibantu gajah.
 Contoh :
1. ... Mxf2#

8.   Skak Mat Damiano
Teori : Menteri melakukan skak mat raja lawan dengan dibantu oleh pion yang juga menutup jalur pelarian raja
 Contoh :
1. ... Bh1+  2. Rxh1  Mh4+  3. Rg1  Mh2#

9.   Skak Mat Dua Gajah
Teori : Mirip dengan skak mat boden, bedanya di sini dua gajah melakukan skak dalam satu arah sedangkan dalam skak mat boden dalam posisi skak menyilang
 Contoh :
1. Gxd5+  Be6  2. Gxe6#

10. Skak Mat Bantuan
Teori : Raja dalam posisi di tengah dan tertutup oleh buah sendiri sehingga dapat diskak hanya dengan menteri. dalam posisi raja di tengah berdiri pada petak yang bebas di sekelilingnya maka menteri tidak dapat mematikan raja.
 Contoh :
1. ...  Mb4#

11. Skak Mat Bantuan Gajah 
Teori : Raja dalam posisi terbuka dan dapat diskak mat dengan menteri dengan bantuan gajah yang menutup jalan lari raja.
 Contoh :
1. Me8#

12. Skak Mat Eskalator
Teori : Raja dalam posisi bebas untuk diskak namun tidak memiliki jalan lain untuk menghindari skak mat setelah beberapa langkah dan pengulangan skak. Sehingga mirip seperti tangga eskalator yagn berjalan turun naik.
 Contoh :
1. ...  Md2+  2. Rc4  Md4+  3. Rb5  Mb6+  4. Rc4  Mc5+  5. Rd3  Md4+  6. Rc2  Md2+  7. Rb1  Mc1#

13. Skak Mat Epaulette
Teori : Salah satu Skak mat yang dapat dilakukan hanya dengan menteri yaitu ketika posisi raja lawan berada di pinggir dan terjepit oleh buah sendiri.
 Contoh :

1. ...  Mc3#

14. Skak Mat Greco
Teori : Raja lawan berada di sudut dan jalan petak lari telah dikunci oleh gajah serta terhalang oleh buah sendiri sehingga menteri dapat melakukan skak mat.
 Contoh :

1 ...  Mh4#

15. Skak Mat Kaitan
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan benteng dengan memanfaatkan posisi kuda sehingga benteng dapat melakukan skak mat walaupun raja tidak berada di pinggir atau sudut papan catur.
 Contoh :

1. Bd8+  Rg7  2. Bg8#

16. Skak Mat Kotak Pembunuh
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan benteng dengan bantuan menteri dan posisi raja lawan berada di pinggir atau sudut papan catur.
 Contoh :

1. Bxe8#

17. Skak Mat Lawnmower
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan 2 benteng atau dengan menteri dengan memaksa raja lawan ke arah pinggir sehingga dapat diskak terus menerus hingga mat.
 Contoh :

1. ...  Bb2+  2. Rd1  Ma1#

18. Skak Mat Lolli
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan menteri didukung oleh pion untuk mematikan raja lawan di pinggir papan catur.
 Contoh :

1. Qg7#

19. Skak Mat Morphy
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan benteng dengan gajah open menyekak mat raja lawan yang terhalang larinya oleh buah sendiri di sudut papan catur.
 Contoh :

1. ...  Bxg3+  2. Be4  Gxe4#

20. Skak Mat Opera
Teori : Mirip dengan skak mat morphy di mana benteng dengan bantuan gajah melakukan skak mat, akan tetapi raja lawan tidak berada di sudut papan catur.
 Contoh :

1. Be8#

21. Skak Mat Pion
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan pion ketika raja lawan berada dalam posisi tidak ada petak bebas untuk melarikan diri.
 Contoh :

1. f4#

22. Skak Mat Pillsbury
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan benteng dengan gajah open menyekak mat raja lawan sehingga raja lawan tidak dapat lari ke sudut papan catur karena dikuasai oleh gajah.
 Contoh :

1. Bg1#

23. Skak Mat Jalan Cepat
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan benteng dan menteri yang menggiring raja lawan di tengah ke arah tepi papan, dilakukan dengan metode skak mat kotak pembunuh.
 Contoh :

1. ...  Me2+  2. Rc3  Bc4+  3. Rb3  Mc2+ 4. Ra3  Bxa4#

24. Skak Mat Penjepit
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan kuda saat raja lawan tidak memiliki jalan lari karena tersudut dan terhalang oleh buah sendiri.
 Contoh :

1. ...  Mg1+  2. Bxg1  Kf2#

25. Skak Mat Mati Lemas
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan kuda dibantu buah lain di mana raja lawan terkurung/tenggelam oleh perwira-perwiranya sendiri.
 Contoh :

1. Kxe7#

26. Skak Mat Ekor Burung Layang
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan Menteri dengan bantuan kuda di mana langkah untuk melarikan diri ke belakang/sudut terhalang oleh buah sendiri.
 Contoh :
1. Mf7#

27. Skak Mat Segitiga
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan menteri dibantu benteng di mana raja lawan tidak dapat melarikan diri ke arah vertikal/horizontal karena terhalang oleh buah sendiri dan antara Menteri, benteng dan raja lawan membentuk segitiga.
 Contoh :

1. Mxg5#

28. Skak Mat Vukovic
Teori : Skak Mat yang dilakukan dengan benteng dan kuda dibantu lagi oleh bidak saling melindungi dan menutup jalan raja lawan yang berada di pinggir.
 Contoh :

1. ...  Bg2+  2. Rf1  Ke3+  3. Re1  Be2#

29. Ancaman Skak Mat
Teori : Skak Mat yang sebenarnya hanya merupakan ancaman di mana lawan dapat mencegahnya namun harus mengorbankan dengan perwira yang lebih tinggi sehingga akan kalah kualitas.
 Contoh :

1. ...  Ke3  2. Mxe3  dxe3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat datang di klub catur Benteng Paser. Nantikan pembahasan menarik tentang catur sebagai permainan adu taktik dan strategi dari klub kami Benteng Catur chess club, Klub caturnya orang Paser. Gens Una Sumus

POLA-POLA TAKTIK (Bagian 1)

Dalam permainan catur terdapat sekitar 60 pola taktik dasar yang wajib dikuasai untuk menjadi seorang pemain catur yang handal. Kolaborasi dari beberapa pola taktik disebut kombinasi. Tanpa bermaksud menggurui karena penulis juga sambil belajar, pada tulisan kali ini kita akan membahas satu persatu pola taktik tersebut disertai contoh dalam diagram papan catur. Arti Notasi : R=Raja; M=Menteri; B=Benteng; G=Gajah; K=Kuda; +=skak; ++=dobel skak; x=makan; #=mat 1. Pion Maju     Sebuah bidak atau pion yang berdiri bebas tanpa halangan dari lawan biasanya dapat menjadi sumber ide taktis untuk meraih keuntungan material dan kemenangan. Blokade dari buah lawan yang  dilakukan untuk mencegah promosi bidak, akan memaksa lawan mengorbankan bijinya sehingga menderita kerugian materiil bahkan posisionil. Dalam situasi tertentu terkadang tidak terlihat adanya bidak bebas, namun dengan perhitungan langkah dan posisi ternyata bidak tersebut dapat melakukan promosi lebih dulu daripada